PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW.  RANTING NU CANGKRING DESA PENGATIGAN 2021

doc//Kamis, 21 Rabiul awal 1443 H / 28 Oktober 2021 M.

doc//Kamis, 21 Rabiul awal 1443 H / 28 Oktober 2021 M.

Peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau maulid nabi merupakan sebuah momentum untuk mempertebal ketaqwaan dalam diri kita. Maulid nabi jatuh pada setiap 12 Rabiul Awal kalender Hijriah . Pada setiap daerah di Indonesia, perayaan Maulid Nabi Muhammad dilakukan dengan cara yang berbeda-beda. Pada umumnya, perayaan dilakukan dengan mengadakan pengajian di masjid, majelis taklim, atau mushala.

Seperti hari ini kamis 28 Oktober 2021 (PRNU) Ranting NU Cangkring beserta banom – banomnya tak ketinggalan mengambil moment yang mulia ini dengan semangat kebersamaan mempererat persatuan antar warga dsn cangkring memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW  bertempat di halaman Mushola Al –Latief. Dalam peringatan ini PRNU bergandeng tangan dengan kepala desa pengatigan tokoh masyarakat serta semua elemen masyarakat dusun cangkring. Persiapan sudah dilakukan semaksimal mungkin termasuk rundown acara di hari yang bersejarah bagi umat islam sedunia yaitu kelahiran Nabi Muhammad SAW . 5 hari sebelum pelaksanaan PRNU bersama warga dusun cangkring mengadakan kegiatan kerja bakti dengan membersihkan jalan/gang yang ada di dusun cangkring. Hingga pada hari yang telah di jadwalkan, tepatnya kamis sekira jam 15.30 WIB (sehabis sholat ashar) kirab maulid diadakan dengan mengarak jodang/kembang endok.

Sekilas Pantauan arak arakan kembang endok maulid/jodang

tak disangka antusias masyarakat begitu besar mengarak berbagai hiasan jodang yang ditata dengan apik. Tak ketinggalan barisan  MI Islamiayah Pengatigan dengan drumbandnya, barisan santri Madrasah Diniyah dan TPQ Nurul Huda, Pagar Nusa Ranting Cangkring ,Banser, Patayat dan muslimat, becak hias, terbang kuntulan (rebana). Sepeda hias, serta barisan warga per RT dan beberapa Unit mobil sound system. Masyaalloh.. antusias masyarakat sekitar berbondong bondong menyaksikan  kirab maulid begitu besar hingga ketua ranting memutuskan untuk mengalihkan strat yang semula sudah ditentukan. Bpk.M.Rofiq Cahyono,SH (selaku Ketua Ranting) mengintruksikan via wa group kepada wakil ketua ranting NU dsn Cangkring Bpk. Slamet Edy S, SH bersama Banser dan kamtibmas agar memandu jalanya kirab maulid Nabi, Alhasil kirab maulid berjalan dengan mulus tanpa kendala alhamdulillah. (success).

Selanjutnya sehabis sholat magrib acara dilanjutkan dengan dzikir maulid yang dipimpin langsung oleh Habib Muhsin didampingi putra putranya, turut hadir bpk.Mulyadi,SE (selaku kepala desa pengatigan), bpk.H. Efendi, tokoh masyarakat,  serta tamu undangan berkumpul bersama mengumandangkan Dzikir Maulid dengan riang gembira hingga selesai, dilanjutkan dengan sholat berjama`ah isyak di mushola al latief, turut hadir pula bpk. Nanang ketua Tanfidziyah MWC, serta ketua Ranting se kecamatan Rogojampi dan tamu undangan ketua ranting tetangga desa al: bareng, mulyosari, benelanlor , sampailah pada acara terakhir mauidoh hasanah yang disampaikan oleh gus Syaifuddin Zuhri dari PCNU Banyuwangi. selepas rangkaian pengajian selesai acara di isi panggung hiburan oleh Gambus balasyik Mayami hingga selesai.

Santai seusai Acara Maulid bersama mayamigroup dan Habaib

Diterbitkan oleh

RANTING NU Cangkring

Dengan semangat kebersamaan yang tinggi kami ingin selalu berjuang bersama Ulama` - ulama` NU

3 tanggapan untuk “PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW.  RANTING NU CANGKRING DESA PENGATIGAN 2021”

  1. tetap semangat, and rajin selalu pos info info terbaru dari kegiatan kegiatan NU, kami tunggu berikutnya

    Suka

Tinggalkan komentar